CONTOH 07. CPP

    Fungsi writeChar digunakan untuk menampilkan karakter, fungsi ini mengirimkan parameter letter dan attr secara nilai. Parameter letter berisi karakter yang akan ditampilkan sedangkan parameter attr menentukan atribut karakter (warna karakter dan warna dasar). Fungsi ini tidak mengubah posisi kursor, oleh karena itu sesudah pemanggilan fungsi, untuk memindahkan posisi kursor digunakan fungsi setCursorPos.

#include <conio.h>
#include <dos.h>
#include <stdlib.h>

#define VIDEO_INT 0x10
#define UCHAR unsigned char

void getCursorPos(UCHAR *y, UCHAR *x);
void setCursorPos(UCHAR y, UCHAR x);
void writeChar(UCHAR letter, UCHAR attr);
void writeString(UCHAR *str, UCHAR attr);

int main(void)
{
UCHAR baris, kolom;

getCursorPos(&baris, &kolom); // Baca posisi kursor
writeChar('~', 0x1f); // Cetak karakter >
setCursorPos(baris, ++kolom); // Pindahkan kursor

writeString(" NURYADI ", 0x9f); //Warna Dasar Biru
getCursorPos(&baris, &kolom);
setCursorPos(baris, ++kolom);

writeChar('~', 0x1f); // Cetak karakter <
setCursorPos(baris, ++kolom); // Pindahkan kursor
getch();

return EXIT_SUCCESS;
}

void getCursorPos(UCHAR *y, UCHAR *x) // Baca posisi
{ // kursor
UCHAR row, col;

asm mov ah, 0x03; // Register AH = 3 heksadesimal
asm mov bh, 0x00; // Register BH = 0 heksadesimal
asm int VIDEO_INT; // Lakukan interupsi
asm mov row, dh; // Salin register DH ke row
asm mov col, dl; // Salin register DL ke col

*y = row; *x = col; // Salin row ke y, col ke x

return;
}

void setCursorPos(UCHAR y, UCHAR x) // Memindahkan
{ // Posisi kursor
asm mov ah, 0x02; // Register AH = 3 heksadesimal
asm mov bh, 0x00; // Register BH = 0 heksadesimal
asm mov dh, y; // Register DH = letak baris
asm mov dl, x; // Register DL = letak kolom
asm int VIDEO_INT; // Lakukan interupsi

return;
}

void writeChar(UCHAR letter, UCHAR attr) // Mencetak
{ // huruf
asm mov ah, 0x09; // Register AH = 9 heksadesimal
asm mov al, letter; // Register AL = hurufnya
asm mov bh, 0x00; // Register BH = 0 heksadesimal
asm mov bl, 0x74; // Register BL = warna huruf
asm mov ch, 0x00; // Register CH dan CL menentukan
asm mov cl, 0x01; // banyak pencetakan
asm int VIDEO_INT; // Lakukan interupsi

return;
}

void writeString(UCHAR *str, UCHAR attr) // Mencetak
{ // string
UCHAR x, y;

getCursorPos(&y, &x); // Simpan posisi kursor

for (; *str != '\0'; str++) // Loop sampai ditemukan
{ // NULL
if (x > 79)
{ // Jika sudah sampai kolom
y++; x = 0; // ke-80, pindah baris dan
} // pindah ke kolom ke-1

setCursorPos(y, x++); // Pindahkan posisi kursor
writeChar(*str, attr); // Cetak per karakter
}

return;
}





     Program contoh07.cpp merupakan pengembangan dari program contoh06.cpp. Pada
program contoh07.cpp terdapat fungsi writeString, fungsi ini menggunakan parameter str dan
attr. Parameter str dikirimkan secara acuan dan berisi rangkaian karakter (string) yang akan
dicetak. Sedangkan parameter attr dikirimkan secara nilai untuk menentukan warna string saat
ditampilkan. Fungsi writeString memanggil fungsi writeChar untuk mencetak rangkaian
karakternya satu per satu.

Penulis : Nuryadi ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel CONTOH 07. CPP ini dipublish oleh Nuryadi pada hari Jumat, 12 Mei 2017. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan CONTOH 07. CPP
 

0 komentar:

Posting Komentar